Mencari Tahu Tentang Fakta Keunikan Seputar Bulan

Mencari Tahu Tentang Fakta Keunikan Seputar Bulan

Mencari Tahu Tentang Fakta Keunikan Seputar Bulan

Mencari Tahu Tentang Fakta Keunikan Seputar Bulan – Bulan merupakan satelit bumi yang senantiasa menerangi di malam hari. Tahukah Anda? Ada banyak fakta dan mitos yang sangat menarik seputar bulan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Kabar tersebut menjadikan bulan sebagai benda angkasa yang paling unik, bahkan dikaitkan dengan berbagai sisi kehidupan yang ada dalam permasyarakatan.

Contohnya pada adat sejumlah masyarakat di Jawa zaman dulu. Ketika terjadi gerhana bulan, masyarakat zaman dulu sering membunyikan kentongan atau apapun untuk bisa membalikkan bentuk bulan yang bulat. Mereka mempercayai jika pada kejadian itu ada raksasa yang sedang memakannya. Dengan membunyikan alat pukul dipercaya raksasa tersebut memuntahkan kembali sang rembulan. Padahal cerita semua itu hanyalah mitos belaka.

Nah dikutip dari laman GrupQQ.com, berikut beberapa fakta yang ada seputar bulan:

– Jarak yang melibatkan bumi dan bulan sering berubah. Penyebabnya orbit bulan saat mengelilingi bumi bentuknya elips sehingga akan terjadi variasi jarak antara 221.500 mil sampai 252.700        mil. Setiap tahun jarak bumi-bulan selalu bertambah sampai ke 1,5 inchi.

– Pada saat terjadi supermoon, bumi-bulan berada di jarak paling dekat. Oleh sebab itu bulan terlihat lebih besar dari biasanya.

– Jika diameter bulan diserupakan dengan jarak antar kota, maka serupa dengan jarak perjalanan antara kota Perth ke Brisbane di Aurstralia. Diemeter bulan adalah 2.159 mil atau sekira                 3474,574 kilometer.

– Kecepatan servis petenis Andy Murray mencapai 141 mph atau 227 km/jam. Ini setara dengan kecepatan yang bisa mengantarkan seseorang sampai di bulan dalam tempo 65 hari.

– Kata bulan dalam bahasa Inggris “moon” jadi dua lagu judul lagi yang cukup hits dari 10 lagu terbaik abad 20. Lagu tersebut adalah Moon River dan Blue Moon.

– Dalam sensus tahun 2000 di Korea Selatan, sebanyak 426.927 warga di sana menggunakan nama yang bermakna “bulan”.

– Zaman Romawi muncul anggapan dari Gaius Plinius Secundus bahwa bulan lebih besar ukurannya dari bumi. Dia adalah seorang penulis yang kerap dipanggil “Plinius yang Tua.

DOMINO QQ ONLINE  | BANDARQ TERPERCAYA | SAKONG ONLINE | AGEN QQ

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*