Mirip Kue Talam dan Wajik di Acara ASEAN,Kue Ada Di Filipinna

Mirip Kue Talam dan Wajik di Acara ASEAN,Kue Ada Di Filipinna

Mirip Kue Talam dan Wajik di Acara ASEAN,Kue Ada Di Filipinna – Sejumlah jajanan tradisional dijumpai di tengah acara ASEAN Ministorial Meeting (AMM) di Manila, Ibukota Filipina, Jumat (4/7/2017)

Salah satunya kusintah, yang merupakan jajanan khas yang terdapat di Filipina yang mempunyai bentuk mirip dengan kue basah khas yang ada di Indonesia, yakni kue talam. Kedua kue tersebut mempunyai bentuk yang sama seperti mangkuk kecil berwarna dan dilengkapi dengan parutan kelapa terserak di atasnya.

Bahan untuk membuat kusintah, atau disebut (kuchinta), di proses dari tepung beras dan juga sejumlah gula merah sama dengan yang kita dapati di kue talam.
Kucintah dibuat dari tepung beras dan juga gula merah yang berasal dari kelapa,” ucap salah satu chef di Conrado Manila Hotel saat di temui team dari GrupQQ. Jumat (4/7/2017)

Walaupun terlihat memiliki bentuk dan warna yang hampir sama, terdapat juga beberapa perbedaan dari kedua kue tersebut. Meski sama-sama mempunyai tekstur yang kenyal, tekstur kusintah tidak sepadat kue talam yang terdapat di Indonesia. Rasanya pun sedikit lebih hambar, tidak semanis dan sekenyal kue talam, karena bahannya tidak menggunakan santan kelapa melainkan hanya menggunakan parutan kelapa.

Dari segi rasa, Kusintah lebih mirip dengan ongol-ongol yang ada di Indonesia, atau banyak juga dibilang orang Indonesia Kue Onde-Onde.
Makanan lain yang hampir mirip dengan kue basah yang terdapat dan khas banget di Indonesia adalah bibingkali malagkit yang sudah banyak kita jumpai di Indonesia.
Dari segi tekstur dan warna, jajanan khas Filipina itu jika dilihat sekilas seperti kue pancong. Namun, dari segi cita rasa, sangat mirip dengan wajik yang kita ketahui terbuat dari pulut dan campuran gula merah.

Bahan dasarnya pun hampir sama, yakni pulut dan juga gula merah. Bedanya, pulut dan gula merah bibingkali malagkit dipisahkan, sedangkan wajik dicampur seluruh bahanya langsung di campur dan di olah supaya rata.

jelaspoker

Bibingkati malagkit terbuat dari proses pulut yang di atasnya diserakkan gula merah atau disebut muscivado,” Cerita salah satu chef yang sudah lama bekerja di hotel itu dan sudah sering kali mencoba untuk menciptakan suatu makanan yang sangat unik dan mempunyai ciri khas.

AGEN DOMINO | DOMINO KIU | BANDAR DOMINO | DOMINOQQ | AGEN QQ

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*