Sosok-Sosok Wanita Mistis Penguasa Dunia Gaib Di Indonesia

Sosok-Sosok Wanita Mistis Penguasa Dunia Gaib Di Indonesia

Sosok-Sosok Wanita Mistis Penguasa Dunia Gaib Di Indonesia – Indonesia terkenal dengan sumber daya alam yang kaya. Namun ada juga kisa-kisah mistis dari warisan leluhur yang bercerita tentang hantu, tokoh-tokoh terkenal, hingga cerita legenda yang tentang beberapa wanita mistis dunia gaib yang menguasai berbagai daerah di Nusantara. Dalam cerita wanita sosok mistis terkenal dengan kekuatan gaib yang dimiliki.

Kisah wanita mistis itu memang menimbulkan perdebatan pada kalangan masyarakat, karena ada yang mempercayainya dan bahkan pernah melihat sosok-sosok wanita mistis tersebut, ada juga yang tidak mempercayainya karena hanya berdasarkan cerita-cerita peninggalan leluhur.

Sering kita dengar tentang suatu tempat di kuasai mistis gaib, termasuk larangan untuk menggunakan pakaian hijau di pesisir Pantai selatan. Karena berhubung wilayah tersebut di ceritakan seorang Nyi Roro Kidul / Ibunda Kanjeng Ratu yang konon sangat menyukai warna hijau, bahkan dalam cerita kalau di istananya termasuk para pelayannya diharuskan memakai apapun yang berwarna hijau. Jadi kalau ada orang yang memakai pakaian hijau di Pantai tersebut, Nyi Roro Kidul akan mengira orang tersebut salah satu dari pelayannya dan akan membawanya kembali ke laut.

Mari kita simak beberapa sosok wanita mistis yang melegenda di Indonesia:

Nyi Roro Kidul

Nyi roro kidul

Pada sosok wanita ini banyak timbul perdebatan kalau Nyi Roro Kidul sama dengan Kanjeng Ratu Kidul. Ada yang bilang beda dan adapula yang bilang sama. Namun ada sebuah cerita yang melegenda tentang sosok wanita ini.

Menurut cerita Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul merupakan 2 sosok wanita mistis yang berbeda. Dalam cerita Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu, Kanjeng Ratu Kidul atau yang di kenal sebagai nama Dewi Padi ini mendapat tugas didunia yang memiliki sifat welas asih. Sedangkan Nyi Roro Kidul adalah seorang putri dari kerajaan Sunda Pajajaran yang di usir oleh ayahnya sendiri akibat di fitnah ibu tirinya. Berdasarkan cerita, pada kerajaan Pajajaran terdapat seorang putri yang bernama Dewi Kandita yang sangat cantik, Dan karena diguna-guna oleh ibu tirinya, membuat kulit Dewi Kandita membusuk.

Dengan penyakit ini dia kemudian putus asa dan melarikan diri ke laut Selatan untuk bunuh diri. Namun bukan mati, malahan kulitnya sembuh karena dibantu Kanjeng Ratu Kidul yang merasa kasihan kepadanya. Setelah sembuh, sebagai gantinya Dewi Kandita mengabdi setia kepada Kanjeng Ratu Kidul dan dijadikan pemimpin para lelembut yang ada di laut Selatan. Saat itulah penampilan Dewi Kandita berubah dan sangat identik dengan warna hijau yang sekarang sering di namai Nyi Roro Kidul.

Nyi Blorong

Nyi Blorong

Menurut cerita, Nyi Blorong merupakan sosok wanita mistis yang separuh tubuhnya merupakan ular. Menurut cerita yang beredar, Nyi Blorong adalah pemimpin dari pasukan gaib Nyi Roro Kidul yang menjaga istana Pantai Selatan. Menurut cerita, Nyi Blorong dulunya adalah seorang putri yang bernama Nyimas Dewi Anggatasarim, cucu dari Raja Caringin XI. Namun dia di usir karena berbuat salah, setelah di usir tanpa sengaja dia pergi ke Laut selatan. Dia bertemu dengan Nyi Roro Kidul dan diberi kesaktian yang dikenal banyak orang hingga sekarang yaitu meminta pesugihan kepadanya.

Namun untuk mendapatkan pesugihan tersebut bukan perkara yang mudah, Karena orang yang meminta kekayaan barus membalasnya dengan tumbal nyawa manusia seperti bayi yang baru lahir atau gadis perawan sebagai ganti kekayaannya.

Nyi Rantamsari

Nyi Rantamsari

Sosok Nyi Rantamsari atau yang sering di sebut Dewi Rantamsari adalah sosok wanita mistis yang menguasai pantai Utara Jawa.

Menurut cerita, sosok ini adalah saudara Nyi Roro Kidul. Sosok Dewi Rantamsari ini dikenal sebagai Ratu Pantai Utara Jawa, oleh sebab itu masyarakat di sana mengeramatkan sosok wanita ini. Ada hari-hari khusus biasanya warga sana menyiapkan sesajen dan menggelar acara kesenian untuk menghormatinya. Pada setiap acara ini pasti ada penari yang kerasukan, menurut warga itu pertanda baik karena menandakan sesajen sudah di terima oleh Nyi Ratamsari.

Nyai Gadung Melati

Nyai Gadung Melati

Nama sosok wanita ini mungkin jarang terdengar orang. Namun sosok tersebut di percaya adalah Ratu dari seluruh makhlus halus yang berada di Gunung Merapi. Menurut cerita, pada kerajaan Patih Gajah Mada sosok ini merupakan penjaga keseimbangan dunia gaib di Gunung Merapi. Dia di percaya sebagai peguasa Gunung Wutoh yang menjadi gerbang ke dunia mistis. dengan adanya Nyai Gadung Melati maka makhluk halus yang berada di sekitar gunung tak akan mengganggu manusia.

Dia juga bertugas menjaga kelestarian alam di sekitar gunung. Konon ada cerita kalau dia akan muncul dalam mimpi warga jika Gunung tersebut akan menimbulkan bencana. Jika sudah di temui dalam mimpi maka warga sekitarnya harus lebih waspada terhadap Gunung Merapi itu.

Ratu Junjung Buih

Ratu Junjung Buih

Menurut cerita, sosok wanita mistis Ratu Junjung Buih ini adalah putri dari kerajaan Amutai. Tetapi dia bukan anak biasa dan berbeda dengan saudaranya, karena ayahnya, Ngabehi Hiller, mendapatkan dia lewat cara BALAMPAH yang berarti bertapa dalam bahasa Banjar. Berdasarkan cerita, dulu Raja Ngabehi Hiller mempunyai 2 putra yang bernama Patma Raga dan Sukma Raga. Setelah tua, dia kemudian menyerahkan tahtanya kepada kedua putranya dan menunjuk Patma Raga sebagai Raja tertua, dan adiknya Raja muda. sudah itu Ngabehi merasa kesepian dan pergi bertapa untuk meminta keturunan.

Saat hendak pulang dari bertapa, dia melihat sesosok bayi yang terapung di laut. Aneh nya bayi tersebut tidak menangis dan bisa berbicara. Dia berbicara ke Ngabehi, jika ingin membawanya pulang maka ia harus membuatkan selembar kain dan selimut telun yang harus diselesaikan setengah hari. Tak hanya itu, dia juga meminta di jemput 40 wanita cantik.

Setelah semua terpenuhi, bayi tersebut di bawa pulang dan dinamai Junjung Buih yang berarti Putri yang ditemukan pada buih raksasa. Sosok wanita tersebut lah yang dipercaya menjadi penguasa Selat Kalimata. Pada Selat inilah pesawat Air Asia QZ8501 menghilang pada 28 Desember 2014 lalu. Oleh karena itu Sosok Junjung Buih ini lah dipercayai yang menyembunyikan Pesawat Air Asia tersebut.

 jelaspoker

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*