Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia – Sebagai sebuah negara yang kaya akan pemandangan alamnya, banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung ke Indonesia. Namun sebagai negara yang masih kental dengan budaya lokal, tempat-tempat wisata di Indonesia selalu di kaitkan dengan sesuatu hal yang mistis.

Bahkan kalian boleh dipercaya atau tidak, ada beberapa lokasi wisata yang malah disebut angker tapi justru ramai dikunjungi wisatawan. Dengan banyaknya tempat yang di anggap angker di Indonesia dengan segala mitos, sejarah, ataupun fakta yang terungkap. Memang tidak dipungkiri lagi bahwa banyak tempat di Indonesia yang angker, dari mulai dirumah, hotel, jalanan, museum, sekolah, rumah sakit, jembatan, terowongoan, dan sebagainya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan tempat-tempat wisata angker yang mungkin bisa membuatmu takut saat kamu mengnjunginya. Apa saja itu ?

1. Pantai Selatan, Pulau Jawa

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Apakah pantai yang paling menyeramkan di Indonesia, kalian pasti langsung menjawab pantai di pesisir selatan Jawa, maka itu jelas benar adanya. Tak terhitung sudah kisah-kisah angker dan mistis yang selalu ada di kawasan itu. Bahkan pantai selatan Jawa konon dipercaya dipimpin oelh sesosok makhluk jin yang cantik jelita, yaitu Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan).

Dari banyaknya pantai, salah satu yang dianggap paling angker adalah pantai Parangkusumo yang menjadi tempat labuhan Keraton Yogyakarta, yang juga sekaligus pintu gerbang gaib Keraton Laut Selatan. Selain Parangkusumo, ada juga pantai Parangtritis dan goa Langse yang menjadi lokasi-lokasi mistis di sana.

Kepercayaan disana, jika kalian memakai kaos atau baju berwarna hijau saat di pantai selatan karena ombak akan menarikmu ke lautan bebas.

2. Goa Jepang Lembang, Bandung

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Penjajahan Jepang di Indonesia tak hanya meninggalkan jejak kisah menyedihkan dan perjuangan luar biasa, tetapi juga hal-hal yang berbau mistis. Salah satunya adalah goa Jepang yang pada masa itu digunakan sebagai tempat tahanan tentara Dari Nippon Belanda agar menyerah dan meninggalkan Indonesia.

Selain sebagai tempat tahanan tentara belanda, goa-goa yang dibangun oleh Jepang ini adalah tempat di mana para romusha (pekerja paksa pribumi) tewas karena pekerjaan mereka. Sampai saat ini, dipercaya entah siang atau malam, suasana goa Jepang itu sangat mencekam. Selain hawa suram, ada teriakan dan rintihan tanpa wujud sering terjadi di sini. Kondisinya yang lembab dan minim ventilasi udara semakin membuat banyak orang berdiri bulu kuduknya.

3. Lubang Buaya Kalibata, Jakarta

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Kalian semua tentu pernah mendengar kejadian kelam G-30S PKI. Ya, kejadian yang dianggap salah satu noda dalam sejarah Indonesia itu akhirnya membuat kamu mengerti para Pahlawan Revolusi yang disiksa dan menjadi korban PKI saat itu. Kejadiannya sendiri terjadi pada 30 September 1965 di Lubang Buaya, sebuah pusat pelatihan PKI yang terletak di kawasan Cipayung, Jakarta Timur.

Saat kejadian itu terjadi, para jenderal besar disiksa dan dibuang secar keji ke dalam sebuah lubang. Kini di tempat tersebut berdiri lapangan peringatan Lubang Buaya sekaligus Monumen Pancasila. Namun karena merupakan lokasi penyiksaan dan pembantaian, tak sedikit yang sering mendengar suara teriakan-teriakan kesakitan dari lubang di mana jenazah para pahlawan revolusi itu ditemukan.

4. Keraton Yogyakarta

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Yogyakarta memiliki sebuah ikon kota terkenal yakni keraton Yogyakarta yang begitu megah. Saat siang hari, kondisinya memang begitu nyaman tetapi ketika sore dan malam menjelang, suasananya bakal berubah drastis. Lampu-lampu indah di istana keraton itu berbanding kontras dengan situasi yang sunyi senyap. Saat malam hari, hanya beberapa abdi dalem keraton yang tinggal di sana.

Konon lokasi yang dianggap memiliki aura mistis sangat kuat adalah di sekitar bangsal Proboyeksa di belakang bangsal Kencana yang dipercaya sebagai lokasi penyimpanan peninggalan pusaka keraton Yogyakarta. Dipercaya di sana ada makhluk-makhluk penjaga yang tak terlihat dan berasal dari dunia lain. Bahkan setiap kali kamera mau mengabadikan daerah itu di malam hari, selalu saja ada obyek kasat mata yang mengganggu seperti sepasang mata raksasa yang tiba-tiba muncul dari sesuatu yang kosong.

5. Lawang Sewu, Semarang

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Tempat wisata Lawang Sewu yang terletak di Semarang ini sudah tak asing jika dianggap sebagai lokasi wisata paling angker. Sebagai sebuah gedung yang pernah menjadi kantor pemerintahan masa Belanda, Lawang Sewu memang memiliki kesan bangunan tua yang terlupakan. Bangunan ikon Semarang ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai tiga tahun kemudian. Disebut Lawang Sewu karena gedung megah ini memiliki pintu yang sangat banyak.

Di Lawang Sewu ada sebuah ruangan yang mengerikan bernama ruang penyiksaan bawah tanah yang dipercaya didiami oleh sosok-sosok makhluk kasat mata yang berteriak dan menangis. Bahkan ruangan-ruangan dan koridor di sini begitu suram dan butuh keberanian tinggi untuk melintasinya.

6. Gunung Salak, Bogor

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Dari sekian banyaknya tempat wisata di Indonesia, Gunung Salak merupakan tempat yang telah menelan korban jiwa paling banyak hingga saat ini, termasuk diantaranya adalah tujuh kecelakaan pesawat yang terjadi secara misterius.

Meskipun tak setinggi gunung-gunung lain di Jawa, untuk menaklukkan gunung yang satu ini bukan perkara mudah, bahkan bagi pendaki berpengalaman sekalipun. Selain jalurnya yang berbahaya, danau dan gas beracun kerap memakan banyak korban tiap tahunnya. Mereka yang berhasil selamat mengisahkan pengalaman ngeri mereka berjalan melingkar terus menerus tanpa henti selama berjam-jam tak tentu arah di tengah hutan lebat.

Kecelakaan pesawat terakhir di Gunung Salak terjadi pada tanggal 9 Mei 2012 ketika pesawat superjet milik Rusia yang sedang diuji coba mendadak hilang kontak dan menabrak tebing hingga hancur berkeping-keping. Tak satupun penumpangnya selamat. Dan pada saat ekspedisi pencarian bangkai pesawat, tim penyelamat konon mendengar suara tangisan minta tolong dari seorang wanita. Namun setelah dicari ke sana ke mari, mereka tak menemukan siapa-siapa. Dan anehnya lagi, suara tangisan tersebut datang dari lokasi kecelakaan pesawat tersebut.

7. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Anda penggemar serial TV The Walking Dead? Nah, di Tana Toraja yang namanya mayat hidup benar-benar ada dan menjadi bagian dari ritual upacara adat.

Sebagai salah satu budaya dengan ritual pemakaman tertua di dunia, bagi masyarakat Toraja kematian bukanlah sesuatu yang menakutkan. Malahan mereka merayakannya dengan mengadakan prosesi pemakaman secara megah dan besar-besaran. Tak jarang mereka rela menabung hingga bertahun-tahun agar bisa “merayakan” kematian kerabat mereka. Dan selama bertahun-tahun itu pula, jenazah kerabat yang meninggal disimpan di dalam rumah dan diperlakukan layaknya masih hidup – diberi makan, dimandikan, bahkan kadang dibawa ke luar.

Menurut kepercayaan masyarakat Toraja, seseorang baru benar-benar meninggal setelah dilakukan upacara. Lusinan kerbau dan babi sengaja dikorbankan untuk “perayaan” yang berlangsung sampai 11 hari ini. Kemudian, arak-arakan membawa jenazah tersebut menuju bukit batu, di mana peti mati mereka telah dipersiapkan. Bagi bayi yang meninggal sebelum tumbuh gigi, mereka akan dimakamkan di lubang-lubang khusus yang dipahat di batang pohon.

Bagian lain dari tradisi yang benar-benar langka ini adalah anggota keluarga yang masih hidup akan memandikan dan menggantikan pakaian sang jenazah setiap tahun lewat upacara Ma’Nene. Dan tak berakhir sampai di situ, jenazah kemudian dibawa ke tempat di mana mereka meninggal lalu dibiarkan berjalan kembali ke bukit!

Patung-patung kayu dengan bentuk menyerupai sang jenazah lengkap dengan pakaian dan perhiasan diletakkan di lubang-lubang bukit. Masyarakat Toraja percaya bahwa patung-patung ini akan diisi oleh roh mereka yang telah meninggal supaya tetap bisa menjaga keluarganya.

8. Kompleks Tugu, Malang

Tempat-Tempat Wisata Angker Yang Ada di Indonesia

Tempat wisata ini terletak di pusat Kota Malang, jejak sejarah yang pernah menjadi kebanggaan kota berubah tak terduga saat Perang Dunia II, dan meninggalkan memori kelam dan berbagai misteri.

Pada masa penjajahan, ketiga buah sekolah yang ada di kompleks ini digunakan sebagai kamp konsetrasi oleh tentara Jepang. Mereka membuat lorong-lorong kecil yang menghubungkan bangunan-bangunan ini dengan stasiun kereta api dan kantor gubernur. Konon, dua pelajar SMA pernah mencoba mengeksplorasi terowongan tersebut, namun berujung fatal. Salah satunya buru-buru berbalik arah sambil berteriak, terlalu trauma sampai tak sanggup berbicara. Sedangkan pelajar yang satu lagi ditemukan dua minggu kemudian di stasiun kereta, dengan kondisi kejiwaan yang sangat terguncang.

Misteri tak terjawab lainnya adalah kemunculan jejak berupa noda-noda menyerupai darah pada lantai beberapa bangunan, biasanya ditemukan di lantai SMA 1, 3, dan 4. Dan setiap usaha untuk menyingkirkan noda tersebut (entah dengan mengganti ataupun melapisi dengan ubin baru) selalu gagal. Tak jarang pekerja yang mengerjakannya pun jatuh sakit setelah mencobanya.

Aula Tugu dipercaya sebagai bangunan paling menyeramkan di kompleks ini. Meskipun noda darah pada lantai telah ditutup dengan pemasangan lantai kayu (dengan lapisan pasir di bawahnya), ruangan ini tetap tertutup bagi pengunjung saat malam hari karena menurut kabar di sini sering ada penampakan hantu tak berkepala ataupun hantu tentara.

jelaspoker

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*