Ternyata Anjing Jago Memanipulasi Manusia, Berikut Penjelasannya

Ternyata Anjing Jago Memanipulasi Manusia, Berikut Penjelasannya

Ternyata Anjing Jago Memanipulasi Manusia, Berikut Penjelasannya – Anjing tidak selamanya bisa menjadi teman setia, Anjing sendiri penuh hal yang misterius terhadap manusia yang memeliharanya. Menurut studi ilmiah yang baru saja, ilmu psikologi hewan, diketahui bahwa anjing ternyata bisa menjalankan tindak manipulasi untuk memperoleh apa yang diinginkannya.

Dikutip dari GrupQQ.com, pada Selasa (10/4/2018), para peneliti dari Swiss mencari tahu fungsi gigi taring sesekali dipakai untuk menipu manusia. Para peneliti melatih 28 ekor anjing dari berbagai umur untuk membedakan antara betina yang mempunyai sikap ‘kooperatif’ untuk mendapat perawatan kesukaan mereka, dan betina ‘kompetitif’ yang mempunyai sikap sebaliknya.

Untuk membedakannya, anjing disuruh cara untuk memimpin dua orang ke tiga kotak: satu berisi sosis yang adalah sajian kesukaan mereka, satu kotak berisi biskuit anjing, dan kotak lainnya dikosongkan. Anjing diminta untuk memperlihatkan makanannya, dan menggiring pasangannya ke kotak yang diinginkannya.

Manusia yang menjadi bagian peneliti dengan anjing ‘kooperatif’, akan menyerahkan apapun makanan yang ada di dalam kotak yang dipikirkan. Sedangkan mitra anjing ‘kompetitif’, akan mendapatkan imbalan makanan yang selalu diraihnya terhadap apapun kotak yang diininkan, tanpa terkecuali.

Penelitian tersebut mengatakan anjing cenderung tidak mau menjadi ketua dari pasangan kompetitif ke arah makanan kesukaan mereka. Hal ini dikarenakan anjing kompetitif mengerti bahwa manusia yang diajaknya, selalu menyimpan makanan sebagai bagian dari imbalan kepada mereka.

Jadi, ketika anjing disuruh untuk menunjukkan kepada mitra latihnya makanan apa yang dia dambakan, mereka tidak akan menjelaskannya secara tepat. Hasil penelitian yang dikeluarkan di dalam jurnal Animal Cognition, menjelaskan:

Pada hari kedua percobaan, anjing-anjing sangat mungkin untuk memimpin mitra koperasi dari pada memimpin yang bersifat kompetitif ke kotak yang berisi makanan favorit. Menariknya, efek ini dijumpai lebih kuat pada uji coba yang di jalankan kedua kalinya, dibandingkan pada hari tes yang pertama kali di jalankan.

Kemudian, Ketika kita memelihara anjing juga dapat membuat manusia merasa lebih nyaman dan aman. Anjing cenderung membangun rasa mempunyai ke tempat tertentu, atau tuan rumah mereka. Hal tersebut membuat insting protektif mereka keluar di setiap ada kehadiran adanya orang asing.

Studi mengatakan, seseorang yang dicurigai berniat untuk melakukan kriminal akan mengurungkan niat setelah mereka mendengar anjing sedang menggonggong.

AGEN CAPSA | BANDARQ ONLINE| BANDAR Q | BANDAR SAKONG

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*